Perbaikan Saluran Air Bersih dan Air Kotor


Air Bersih dan dan air kotor, dua hal yang ada di sekitar kita.
Bulan Agustus & September lalu, Pengelola PAM untuk wilayah timur Jakarta (Aetra) mengadakan penambahan kapasitas jalur distribusi air bersihnya. Selama bulan Ramadhan, jalan Penggilingan (dimulai dari Fly Over penggilingan- pertigaan Jl. Komarudin ) setiap malam selalu macet dikarenakan penggalian dan penambahan pipa PAM. Tak luput dari itu, wilayah RW015 juga mengalami hal yang sama. Penambahan pipa jaringan PAM untuk rumah tangga di lakukan disamping jalur yang sudah ada. Kegiatan ini berlangsung hampir 1,5 bulan. Lubang galian disana sini dapat ditemui di beberapa ruas jalan di Eramas 2000. Beruntung warga dapat mengerti kegiatan ini, toh akhirnya kegiatan ini untuk kelancaran aliran air bersih untuk warga sendiri.
Ada kejadian, dimana kabel listrik PJU di bawah tanah di dekat kolam renang terpacul, sehingga mengakibatkan sederetan lampu PJU di beberapa blok mati beberapa malam menjelang Lebaran. Keluhan warga akhirnya ditanggapi oleh pihak kontraktor. Bekerjasama dengan PLN akhirnya semua itu bisa diselesaikan.

Untuk Saluran air kotor, kita bekerja sama dengan PU Dinas Pengairan melakukan pengerukan kali di depan eramas : Mulai dari Sekolah Al Azhar sampai menyebrangi arah Tol Ca-cing.
Demikian pula dengan kali di belakang Eramas, dilakukan hal yang sama :

Truk DPU sedang menyedot lumpur di belakang Eramas

Dengan peralatan seperti Excavator, Perahu penarik sampah dan lumpur, dan Truk pompa lumpur. Pihak DPU Propinsi bekerja membersihkan kali.

Excavator sedang menggaruk lumpur di kali depan Eramas

Perahu yang di datangkan dari Belanda, juga dilibatkan dalam pengerukan lumpur di kali depan eramas 2000, sehingga mempercepat kerja.

Perahu Pengeruk Lumpur dari Belanda ikut membantu

Untuk pengerukan kali sepanjang pinggir timur jalan tol Ca-cing, ini belum tuntas karena sepanjang ratusan meter kali tersebut sudah menjadi daratan (lihat artikel sebelumnya  https://eramas2000.wordpress.com/2010/08/02/normalisasi-aliran-sungai-ke-cakung-drain/ ). Walaupun begitu pihak DPU mengusahakan pengerukan itu dengan cara manual (tenaga manusia).

Tumpukan Karung Berisi Lumpur di kali sebelah timur Tol Cacing

Pekerjaan ini memang memerlukan koordinasi antar instansi, antar wilayah RW. Bersyukur di RW 15 ini ada warga (pak Hilman) yang mempunyai jalur ke DPU ini, sehingga keluhan warga dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

Untuk wilayah di dalam Eramas sendiri, sampai saat ini pengerukan selokan masih terus berlangsung. Pengurus RW 015 bidang Sarana berupaya keras supaya selokan ini lancar, Pak Alex (Herwin) dengan timnya berupaya membuat sodetan dan bukaan yang menghambat aliran air kotor.

Sodetan yang dibuat di sekitar Taman Eramas 2000

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Lingkungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s