Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) 2010


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 88 miliar untuk Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK). Dana tersebut telah dikucurkan dengan berpatokan kepada  proposal permohonan dari masyarakat di setiap kelurahan di DKI melalui Dewan kelurahan (Dekel) setempat. Sumber Dana tersebut berasal dari PNPM Mandiri.

Dana tersebut bisa dipergunakan masyarakat baik untuk kegiatan bina sosial maupun bina fisik. Untuk bina sosial meliputi peningkatan SDM Dekel, pelatihan pembukuan PPMK, pelatihan kepemimpinan, pelatihan keterampilan seperti kursus bahasa Inggris, kursus komputer, montir mobil, mengemudi, dan kegiatan posyandu. Sedangkan dana bina fisik antara lain digunakan untuk perbaikan jalan lingkungan, jalan setapak, pengaspalan jalan, sanitasi seperti pembuatan sumur resapan dan resapan lubang biopori, perbaikan gerobak sampah, pembuatan tong sampah, pembuatan taman, dan lapangan olahraga.

“Tahun 2010 ini dana PPMK yang digunakan untuk kegiatan bina fisik dan bina sosial sebesar Rp 88 miliar,” kata Tuty Muliaty, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta, saat diskusi menyambut HUT ke-483 DKI Jakarta, di Balaikota, Kamis (17/6).

Untuk Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dari hasil seleksi hanya ada 3 kelurahan yang mendapatkan kucuran dana PPMK tersebut. Salah satunya adalah kelurahan Pulogebang. RW15 sebagaimana RW-RW yang lain di kelurahan ini mendapatkan kucuran dana sebesar Rp. 8 Juta, dimana Rp. 7, 5 Juta diberikan saat awal (16 Oktober 2010), sedangkan Rp. 500 rb akan diberikan saat Laporan Pertanggungjawaban selesai diserahkan kepada Dewan Kelurahan Pulogebang. Penyaluran dana ini dilakukan melalui Dewan Kelurahan (Dekel). Untuk tema tahun ini, pihak Dekel Pulogebang mempunyai tema : Green, Clean and Health. Dimana bina fisiknya diarahkan untuk Penghijauan, Kebersihan dan Sarana Olah Raga. Program khusus yang di arahkan Dekel Pulogebang ini adalah untuk pembelian 3 buah Gerobak Sampah dan sisanya untuk sarana olahraga. Selain itu pihak Dekel Pulogebang juga memberikan 20 pot bunga dari dana PPMK ini diluar yang Rp. 8 Juta tersebut.

Menyadari bahwa kondisi tiap lingkungan RW, berbeda satu sama lain. Dana sebesar itu merupakan stimulan untuk bina fisik, selebihnya adalah partisipasi warga tempat tinggal tersebut untuk menambah kekurangannya. Untuk RW015 ini PPMK ini digunakan untuk

1. Pembelian 1 buah gerobak sampah baru , dan perbaikan gerobak sampah yang ada.

2. Pembuatan  tong sampah drum sebanyak 18 buah yang di tempatkan di ruang publik di RW015.

3. Penghijaun dengan menanam : 300 pohon mahoni, 30 pohon matoa, 25 pohon salam, 20 pohon sukun, 15 pohon flamboyan dan 15 pohon kayumanis. Penanaman 405 pohon ini dilakukan di setiap area taman, pembatas jalan, pinggir jalan tol. Juga untuk menggantikan pohon palm Raja yang sudah mulai tua. Mudah-mudahan generasi anak cucu kita akan menikmatinya.

4. Pembuatan lubang Super Biopori. Kalau Biopori yang sudah dikenal hanya sedalam 1 m, maka untuk “super” biopori ini mempunyai kedalam 3 m. Bapak Wahyu Widodo yang mempunyai gagasan ini berkeyakinan kalau area-area yang genangan airnya  sulit untuk surut kalau hujan akan kering dengan Super biopori ini. Percobaan 10 lubang di taman U (RT04) bulan November 2010  membuktikan bahwa Super biopori ini cukup efektif untuk mengeringkan genangan.” Secara prinsip, air yang menggenang ini akan terserap tanah melalui lubang 3m ini”, katanya.

5. Selain itu juga untuk membeli peralatan Tenis Meja di kolam renang.

Jadi bantuan PPMK yang sebesar Rp. 8 juta tersebut, jelas kurang. Sisanya adalah dari partisipasi warga.

Sementara untuk program bina sosial : pihak Dewan Kelurahan menyediakan pelatihan komputer untuk sekretaris, pelatihan teknisi HP. Dalam hal ini dari RW015 tidak memanfaatkannya.

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Fasilitas, Lingkungan, Program Warga. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s