Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)


Dalam kehidupan sosial, tidak terlepas dari keinginan untuk menyalurkan pendapat. Untuk tingkat Kelurahan , di provinsi DKI ini dibuat Perda Gubernur yang menjadi payung hukum bagi lembaga yang menampung aspirasi masyarakat pada level kelurahan. Dimana anggotanya adalah wakil-wakil dari tiap RW yang ada dikelurahan tersebut. Sebelumnya Lembaga ini disebut Dewan Kelurahan (Dekel). Tugasnya selain itu adalah, sebagai mitra Lurah dalam pemberdayaan masyarakat.

Untuk RW 015, pada awal maret 2011 di lakukan rapat pengurus RW dan para ketua RT untuk menjaring warga yang mau menjadi anggota LMK ini. Maka sesuai aturan, dibentuklah Panitia Pemilihan Bakal Calon (PPBC)RW015. Atas kesepakatan forum dipilih sebagai PPBC RW015 adalah : 1. Bpk. Luthfi Dahlan (Ketua Panitia) 2. Bpk. M. Fathullah (Sekretaris) dan 3. Bpk. Dadang Kadarsyah (Anggota).

Rapat ketua RT itu juga menetapkan mekanisme penjaringannya, dimana ketua RT diserahkan untuk memilih warganya yang mampu (sesuai persyaratan Perda) dan mau untuk menjadi bakal calon. Setelah dilakukan penjaringan oleh ketua RT akhirnya :

RT 001 : mencalonkan Bpk. A. Gandhi Sulhani SH, MH dan Bpk. dr. Denny P. Mahmud Sp. THT.

RT 002, RT 003, RT 004 tidak mempunyai calon

RT 005 mencalonkan Bpk. Ahmad Hidayat.

Pada malam tanggal 21 Maret dilakukan pemilihan calon anggota dari ketiga bakal calon yang ada. Dihadiri oleh PPBC, ketua RT 01, 02 dan tokoh masyarakat. Acara ini disaksikan oleh wakil Lurah Puogebang selaku ketua Panitia Pemilihan Calon (PPC) Kelurahan Pulogebang dan staff kelurahan lainnya.

Pemilihan anggota LMK 2011-2013 wakil RW015 Kelurahan Pulogebang

Saat pemilhan berlangsung : Bpk. Ahmad Hidayat dan dr . Denny mengundurkan diri karena kesibukannya. Akhirnya, karena tiada pilihan lain, maka Bpk. A. Gandhi terpilih dengan bulat sebagai calon anggota LMK yang mewakili RW015. Selamat bertugas.

Pengalaman di pemerintahan dan legislatif (DPRD DKI) mudah-mudahan menjadi bekal bagi Pak Gandhi untuk membaktikan diri sebagai wakil LMK dari RW015.

Karena saat ini beliau masih sebagai ketua RT001, maka segera stelah dilantik sebagai anggota LMK. Pemilihan ketua RT001 harus segera dilakukan. Mudah-mudahan warga RT001 ada yang mau berbakti untuk warganya sebagai ketua RT.

Sekali Lagi, selamat bertugas Pak Gandhi sebagai wakil RW015 mudah-mudahan pengalamannya selama ini dapat mengembangkan Lembaga ini di lingkungan sekitar kita.

About eramas2000

Admin
Gallery | This entry was posted in Info Warga. Bookmark the permalink.

4 Responses to Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK)

  1. akaparang says:

    blognya keren pak dan lengkap lagi ada komposisi warga segala. lanjut pak. mampir juga ya di http://pusgemasrw06.blogspot.com dan jangan lupa komentar juga ya. mungkin kita bisa tukar informasi.

    selamat berjuang

  2. pengen says:

    kEREn…..kEReN…

  3. Dony says:

    FUNGSINYA LMK BAGUS YA? TAPI PRAKTEKNYA BENER GA?

  4. nuryasin says:

    mantap pak ad kegiatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s