Bagaimana perkembangan pemeliharaan jalan Eramas?


Tanpa terasa, sudah 4 bulan perbaikan jalan di lingkungan Eramas sudah belangsung. Pekerjaan yang di koordinasi oleh Bapak Wellyansyah ( Blok B8/26) dan 5 orang pekerja lapangan serta pengawas lapangan Sdr. Yudhistirawan (Yus) ini sudah menampakkan hasilnya. Ditengah kesibukan kegiatannya yang sedang membangun pabrik, pak Welly ini selalu menyempatkan diri berkoordinasi dengan semua pekerjanya untuk perbaikan lingkungan. Tidak jarang, makan siang atau minuman pekerja lapangan, keluar dari kantong sendiri, padahal beliau hanya warga yang mau secara sukarela memimpin kegiatan ini. Bukan kontraktor atau di gaji untuk pekerjaan ini. Tetapi karena semangat dan kecintaan kepada lingkungannya. Begitu pula dengan sdr. Yus, pekerjaan rutinnya adalah pengawas kebersihan dan petugas sekretariat di RW015, karena itu pekerjaan pengawasan jalan ini sungguh merepotkan.

Garis putih : Selesai , Garis Kuning : Sedang dikerjakan

Peta Perbaikan Jalan di Eramas 2000

Coba kita bandingkan sebelum dan sesudah perbaikan :

Sebelumnya : Jalan penuh genangan di antara blok B7 dan B8

Setelah perbaikan : Jalan di antara blok B7 dan B8

Sebelum : Jalan bergelombang dan penuh genangan di depan blok B1 dan B4

Setelah : Jalan di depan blok B1 dan B4 sudah kembali rata

Pekerjaan pemeliharaan jalan di lingkungan Eramas ini masih terus berlanjut, sekarang pekerja sedang mengerjakan jalan diantara B1 dan B11 :

Jalan di antara B11 dan B1 yang bergelombang

Jalan diantara B11 dan B1 sedang dibongkar

Selain merepotkan pengawas dan koordinator, pekerjaan ini juga terbilang mengambil waktu cukup banyak, Alat stemper yang dibeli oleh pengurus RW015 untuk pemeliharaan jalan ini juga sekarang sedang dalam perbaikan.

Stamper yang sedang digunakan dalam perbaikan jalan mengalami kerusakan, perbaikan sedang dilakukan

Yang diperlukan saat ini adalah dukungan warga untuk kegiatan ini. Dukungan itu bisa dimulai dari sikap yang baik, makanan atau minuman buat pekerjanya sampai dukungan dana atau material bagi pekerjaan ini. Keluhan pekerja lapangan karena warga bersikap masa bodoh adalah sikap yang tidak perlu terjadi. Kebaikan warga, misalnya menyediakan kopi atau makanan buat pekerja adalah tindakan minimal yang terpuji.  Jangan karena suatu hal, warga malah melakukan komplain untuk pekerjaan ini.

Ada hal yang lucu dan seharusnya tidak terjadi: warga ada yang komplain dan mengatur ini-itu. Bahkan menyangka Bpk. Welly ini adalah kontraktor yang ingin mengeruk keuntungan…! Sikap warga seperti inilah yang dapat membuat siapa pun tidak akan sukarela untuk turut serta dalam lingkungannya.

Coba bayangkan! untuk ongkos kerja saja pengurus RW harus mengeluarkan uang : Rp. 15.000 /m2. Itu, diluar semua material yang harus disediakan untuk perbaikan ini. Kalau satu segmen jalan saja yang lebarnya : 12m dan panjangnya 300m, maka perlu biaya minimal untuk ongkos kerja saja = 12 m x 300 m  x Rp. 15.000 =  Rp. 54.000.000,-   Padahal luas jalan yang harus diperbaiki bisa lebih dari 5000 m2 ! darimana dananya? Dari iuran yang Rp. 150 rb/bulan? Perlu diketahui saldo tiap bulan untuk iuran ini hanya Rp. 3 jutaan. Lihat laporan yang ditempel di papan pengumuman Pos Satpam Gerbang depan.

Sekarang ini Bendahara RW mempunyai saldo sekitar Rp. 80 juta, itu karena sumbangan warga baru yang sedang membangun rumah-rumahnya di belakang. Itu semua tertera dalam aturan Hak dan Kewajiban Warga ( sudah ada dalam berita tahun lalu). Tapi pembangunan rumah baru dibelakang sudah hampir selesai .. Lalu darimana lagi kalau begitu dananya ?

Mudah-mudahan kerjasama antara pengurus RW, ketua RT yang baru bisa menggerakkan warganya untuk memperbaiki tempat tinggal kita sendiri.

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Info Warga, Lingkungan, Pembangunan Sekitar Eramas 2000. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s