Melongok Perkampungan di Pintu Gerbang Eramas 2000


Tidak bisa dipungkiri, perkembangan pesat pembangunan di Metropolitan mengundang rakyat dari seantero wilayah Nusantara untuk mengadu nasib di sini. Berbagai suku mendiami tempat itu. Mereka yang bermodal besar dan punya akses terhadap sumber keuangan di Metropolitan akan mendapat pekerjaan dan tempat tinggal yang layak.

Sebaliknya mereka yang bermodalkan nekad akan berjuang apa adanya, termasuk di dalamnya apa saja yang mungkin menjadi uang. Itulah yang terjadi di perkampungan di depan Eramas. Umumnya penghidupan mereka berasal dari proses daur ulang sampah ibu kota. Katakanlah : Plastik (termasuk botol minuman), Kardus, Kertas, Aluminium dll. Umumnya masyarakat ini melakukan usaha di tempat tinggal mereka. Itulah yang terjadi di depan Eramas 2000. Seringkali mereka menempati tanah yang kosong karena tidak ditempati pemiliknya, atau juga dalam sengketa.

Lokasi Perkampungan Depan Eramas 2000

Mari kita melihat sepintas ke dalam :

Jalan di perkampungan Depan Eramas 2000

Kegiatan di dalamnya :

Lapak Daur Ulang Barang dari Sampah

Sekali terbentuk, lingkungan ini akan tumbuh walaupun liar dan tidak teratur.

Area ini, walaupun secara geografis termasuk ke dalam wilayah RW08, tetapi mereka disangsikan sebagai orang yang mempunyai KTP di tempat itu.

Yang menjadi masalah adalah dampak lingkungannya . Sampah yang menjadi bahan baku untuk pemilahan barang bekas akhirnya menumpuk di tempat itu. Selain berisiko kebakaran (atau  dibakar!) pada musim kemarau, juga berisiko saat banjir atau hujan yang sebentar lagi turun, akan mengakibatkan bau menyengat. Belum lagi risiko banjir 5 tahunan yang di ramal akan terjadi lagi seperti tahun 2007 yang lalu. Berapa banyak sampah yang akan mengalir ke perumahan ermas 2000?

 

Sampah Liar di Sisi Barat Jalan Tol

Sampah yang menggunung di seberang Apartemen Sentra Timur Residence

Siapa yang harus bertanggung jawab dengan keadaan ini? Tentunya pemilik Lahan dan Badan Pengelola Pembangunan Sentra Baru Timur Jakarta, yang diketuai oleh Walikota Jakarta Timur. Itulah Negeri Kita…..

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Lingkungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s