Mengenal Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Mancanegara.


Sekitar 20 tahun yang lalu, warga kota-kota besar di Indonesia dilibatkan dalam pengelolaan Sistim Keamanan Lingkungan  atau yang lebih dikenal dengan singkatannya “Siskamling”, dimana setiap warga di lingkungan RT masing-masing secara bergiliran mendapat tugas untuk menjaga keamanan lingkungan pada malam hari ( ronda ). Biasanya dilakukan mulai jam 22.00 sampai jam 5.00 pagi.

Kini peran warga sudah digantikan oleh Hansip (pertahanan sipil) atau Satuan Pengamanan (Satpam) yang merupakan warga Sipil yang dibayar untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Anggota Satpam Eramas sedang latihan fisik Rutin

Untuk warga Eramas 2000, selain mengandalkan Satpam, keamanan dan ketertiban warga juga dibantu dengan pantauan CCTV di beberapa tempat.

Pengamanan berlapis juga dilakukan saat ini dengan patroli Rutin dari Polisi Polsek Cakung yang mengitari perumahan Eramas 2000, baik malam maupun siang. Bila warga saat malam hari melihat mobil patroli polisi sedan atau mendengar bunyi sirene “tot – tot” ini pertanda mereka sdang melintasi jalan depan rumah kita.

Mobil Polisi Cakung setelah patroli mengelilingi Eramas 2000

Anggota Patroli Kota sedang berabincang dengan komandan-komandan regu Satpam dan Pengurus RW015

Dengan pengamanan berlapis diharapkan warga dapat merasa aman tinggal di lingkungan Eramas 2000. Selain itu, bila dini hari jam 2 atau jam 3 mendengar pukulan  tiang listrik, berarti Satpam kita sedang berkeliling di depan rumah kita. Kalau tidak mendengar ketukan tiang listrik sekitar jam itu, warga bisa minta satpam untuk patroli kedepan rumahnya dengan memukul tiang itu.

Lalu dimana peran warga ?

Tentu saja dengan membayar iuran bulanan 150 rb/bulan/rumah tidak akan cukup untuk mengganji 24 satpam dan 21 petugas kebersihan sesuai UMP DKI. Honor mereka masih jauh dibawah UMP DKI. Karena itu diperlukan peran aktif warga dalam ketertiban dan keamanan lingkungan ini. Selain mengamankan asset sendiri, warga juga diharapkan tidak bersikap masa bodoh dengan lingkungannya. Jadikanlah karyawan kita sebagai partner untuk keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan kita. Perhatian warga terhadap mereka sangat perlu : ajak berbicara, sikap yang baik dan bila perlu makanan kecil atau kopi tak perlu ragu untuk disumbangkan kepada mereka saat bertugas.
Bagaimana Siskamling negara lain?
Di negara-negara barat yang kita anggap sebagai masyarakat individualis, ternyata program siskamling (yang di negara kita dilupakan), malah menjadi andalan dalam pengamanan lingkungan. Di negara seperti Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru dll, warga dilibatkan dalam program siskamling yang disebut “Neighborhood Watch”.

Papan peringatan yang dipasang oleh warga dalam program siskamling "Neighborhood Watch" di Carolina Utara, Amerika

Papan peringatan yang dipasang oleh warga dalam program siskamling "Neighborhood Watch" di Carolina Utara, Amerika

Warga di didik untuk peduli bersama terhadap keamanan wilayah tempat tinggalnya agar tidak waswas.

Papan peringatan  di perumahan di Canberra, Australia.

Papan Siskamling di perumahan di Canberra, Australia.

Tentu saja semua ini berkat kerjasama yang baik antara warga setempat dengan polisi di wilayah county (kecamatan).

Papan Siskamling, Neighborhood Watch di Michigan, Amerika

Papan Peringatan, Neighborhood Watch di Michigan, Amerika

Dengan kata lain warga juga di ajak untuk peduli keamanan dan ketertiban lingkunagannya. Amati..yang dicurigai ….! dan Laporkan…. !

Bagaimana dengan warga Eramas 2000 ! Mudah-mudahan kita tidak lebih individualis dari negara-negara barat. Bila ada kejadian yang mencurigaan atau mengganngu ketertiban, partisipasi anda di perlukan… amati dan laporkan kepada pos satpam Eramas di      021-4801358 !

Posted by WordPress for Blackberry

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Info Warga, Komunikasi, Program Warga and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengenal Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Mancanegara.

  1. Amin says:

    Dalam hal yg prinsip spt keamanan dan ketertiban masyarakat kota besar di Indonesia lebih individualis dibanding di negara sono ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s