Pembuatan e-KTP bagi warga Eramas 2000


“Penerapan KTP Elektronik (e-KTP) merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2006 dan serangkaian peraturan lainnya seperti peraturan UU nomor 35 tahun 2010 yang menyatakan aturan tata cara dan implementasi teknis dari e-KTP yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip,” ungkap Hammam Riza, Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT, saat Kick off Meeting Workshop Sosialisasi Penerapan KTP Elektronik Berbasis NIK Nasional, yang berlangsung di Ruang Komisi BPPT, Rabu (6/4).

Hammam pun menambahkan, dilihat dari locusnya, penerapan e-KTP akan berada diseluruh Indonesia, meliputi 2348 kecamatan dan 197 kabupaten/kota dan ditahun 2012 berada di 3886 di kecamatan dan 300 di kabupaten/kota.

Dalam pelaksanaan kegiatan nasional tersebut, menurutnya, BPPT berperan dalam melaksanakan pengkajian,Technology Clearing House, audit sampai pada solusi teknologi. “Melalui acara ini, kita ingin menyatukan tekad untuk mensukseskan penerapan e-KTP. PRICE (Profesional, Integrity, Creative dan Excellence), adalah nilai-nilai BPPT yang akan kita usung dalam kegiatan ini,” tegas Hammam.

Hal yang sama juga kembali dipertegas oleh Unggul Priyantono, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM). “E-KTP merupakan peristiwa penting. Dengan NIK (Nomor Induk Kepegawaian) yang dilengkapi sidik jari didalam e-KTP, tidak akan ada lagi identitas ganda,” ucapnya.

Selanjutnya dikatakan, yang tidak kalah pentingnya e-KTP dapat bermanfaat untuk kepentingan pemilu ke depan agar dapat lebih tertib dan dipercaya.  Namun,  penggantian KTP menjadi e-KTP dapat menimbulkan penghalang atau kegagalan karena jumlahnya besar mencapai 170 juta KTP, hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun.

“Untuk mengatasinya, dibutuhkan dukungan yang sangat luas yang bukan hanya dari pihak Kementerian Dalam Negeri, tetapi juga butuh dukungan dari BPPT, ITB, Menkominfo, LSM dan Pemda,” kata Unggul.

Menurutnya, dukungan tersebut akan berjalan baik jika diiringi dengan pemahaman baik mengenai pentingnya e-KTP maupun  yang sifatnya teknis. “Sosialisasi ke daerah-daerah, mutlak diperlukan. Kick off Meeting ini juga merupakan suatu pembekalan, agar nantinya dapat dilakukan semacam supervisi dan sosialisasi di lapangan, agar proses pembuatan dan pelaksanaan e-KTP dapat berjalan lancar,” tuturnya lebih lanjut. (http://www.e-ktp.com/2011/04/penerapan-e-ktp-price/).

Jadwal :

Jadwal Pelaksanaan e-KTP Nasional, saat ini sedang dibangun database kependudukan nasional

Bagi warga yang sudah ber KTP Eramas 2000 undangan untuk pengambilan data bagi pembuatan e-KTP sudah disebarkan kepada warga.  Kalau saat ini belum mendapatkan undangan, maka undangan gelombang ke II akan di sampaikan pada tahun 2012. Undangan ini dari Kemendagri, berdasarkan data yang disampaikan oleh pihak kelurahan sebelumnya. Dalam pelaksanaannya bisa saja ada data yang terlewat, karena update data di kelurahan dapat tertinggal dari  kenyataan mobilitas penduduk di suatu wilayah.

Jaadi saat ini undangan bukan untuk mendapatkan kartu e-KTP, tetapi hanya untuk pengambilan data saja. Sementara KTP lama masih dipakai. Menurut jadwal di atas, bentuk fisik e-KTP sendiri akan dibagikan tahun2015.

Seperti apa dalamnya e-KTP ?

Chip Tidak Nampak, Karena menggunakan Gelombang Radio.RFID (radio frequency identification) Sehingg e-KTP Tidak harus persis menyentuh alat pembaca untuk bisa dibaca

Karakteristik Teknologi Verifikasi / Validasi
-Photo dicetak pada kartu -Bahan terbuat dari PVC/PC -Pengawasan dan verifikasi pengesahan dari tingkat terendah RT/RW dst
-Data terceteak dengan komputer -Nomor Serial Khusus -Multi Aplikasi
-Berlaku Nasional -Guilloche Patterns pada kartu -Diterima asecara International
-Mampu menyimpan data -Scanning photo dan tanda tangan/Cap Jempol -Tidak bisa di Palsukan
-Data dibaca/ditulis dengan card Reader -Teradpat microchips sebagai media penyimpan data -Hanya satu kartu untuk satu orang
-Menyimpan data finger print biometric sebagai satu uniq identificaton personal – Satu orang satu kartu (menggantikan kartu lain)
-Mampu menampung seluruh data personal yang diperlukan dalam multi aplikasi -Tingkat kepercayaan thd keabsahan kartu sangat tinggi
Bentuk fisik e-KTP
Bagaimana prosedurnya ? Lihat Video berikut :
Yuk kita lihat di kelurahan kita… Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur :

1. Inilah tempat warga Eramas mengurus Surat Kependudukan, Kelurahan Pulogebang. Lokasinya di Jl. Pulogebang, Cakung,

2. Pengambilan Nomor Antrian e-KTP sambil menyerahkan Undangan e-KTP dan Verifikasi

3. Antrian menunggu giliran panggilan

4. Pengambilan foto wajah

5. Tanda Tangan Elektronik

6. Pengambilan Sidik Jari Elektronik

7. Penganbilan Iris Mata

8. Tanda Tangan bahwa anda sudah melakukan pengambilan data. Data dismpan.

Selesai sudah pengambilan data anda… Tinggal tunggu kartu e-KTP tahun 2015….!

 

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Info Warga and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pembuatan e-KTP bagi warga Eramas 2000

  1. agus says:

    artikelnya cukup informatif tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s