Kiat tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan


Dalam menghadapi musim hujan seperti ini, tentu kita tidak ingin menyurutkan aktifitas keseharian kita. Sedikit atau banyak kondisi seperti sekarang ini akan mempengaruhi kita, selain basah karena hujan, penyakit bawaan melalui air dan udara, juga fluktuasi suhu udara yang menerpa badan kita sering kita abaikan.

Gejala yang paling ringan adalah gejala sakit kepala, atau kita biasa menyebut masuk angin. Sebenarnya yang membuat kita merasa sakit adalah karena adanya perbedaan suhu pada tubuh kita. Kalau kita kehujanan, misalnya yang kena hujan kepala maka bagian kepala akan lebih dingin dibandingkan bagian tubuh yang lain. Maka kita akan merasa ada “kelainan” pada kepala kita. Kita lalu bilang “kepala kita pusing”.

Begitupun kalau tengkuk kita terus menerus kena angin, misalnya pas lagi duduk dekat jendela, kita akan merasa ada kelainan ditengkuk kita. Namun kalau seluruh tubuh kita kehujanan, sebetulnya kita tidak akan sakit.

Karena seluruh tubuh kita mempunyai suhu yang sama. Apalagi kalau kita bermain, tubuh kita akan mengeluarkan enegi yang akan diubah menjadi panas. Dengan begitu suhu badan kita yang panas bisa menangkal suhu dingin yang disebabkan guyuran air hujan…

Maka dianjurkan, kalau kita sehabis terguyur hujan, sebaiknya kita mandi air hangat, agar suhu kita cepat kembali normal.

Untuk mencegahnya sebaiknya lakukan :

Olah Raga

Tujuan olah raga dengan menggerakkan badan dan organ-organ tubuh pada akhirnya memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Kalau  aliran darah di seluruh tubuh lancar, maka metabolisme tubuh akan lancar pula. Usaha kan semua bagian tubuh kita di latih setiap hari pada kesempatan apapun.

Cairan hangat

Menurut University of Maryland Medical Center, cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan gangguan pernafasan yang terkait dengan pilek dan flu. Cairan hangat juga dapat melonggarkan lendir serta membantu menghalau virus dari sel-sel tubuh. Kaldu, sup, dan teh hangat adalah pilihan yang efektif untuk meredakan gejala flu.



Asupan makanan sehat

Eric Plasker, penulis buku The 100 Year Lifestyle, mengatakan, dengan bersantap makanan sehat, membuat kesehatan prima karena mengandung penangkal bakteri dan virus serta antioksidan. Makanan ini bernutrisi dan akan membangun imunitas, antiradang, antiviral, antibakteri, dan memperbaiki sel yang rusak.



Cabai rawit

Dalam buku Prescription for Nutrional Healing yang ditulis dr. James Balch dan Phyllis Balch dijelaskan cabai rawit segar dapat membantu meringankan gejala flu dan pilek. Menurut kedua peneliti ini, capsaicin yang terdapat di dalam cabai merupakan senyawa kimia yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi, memberikan nutrisi dan vitamin untuk sel yang terinfeksi. Panas capsaicin juga dapat membantu mengurangi sumbatan di dada dan rongga hidung.



Jahe

Jahe mengandung senyawa antivirus yang dapat membantu menghancurkan virus yang menyebabkan influenza dan pilek. Makanan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung produksi senyawa antibakteri serta antivirus alami.



 Zinc

Zinc membantu pertumbuhan manusia dan meningkatkan imunitas. Tanpa zinc, ratusan enzim dalam tubuh tidak bisa berfungsi. Dalam bahasa Indonesia, zinc diterjemahkan sebagai seng, pada ilmu kimia dilambangkan dengan Zn. Zinc merupakan mineral penting yang terdapat dalam semua sel tubuh makhluk hidup, termasuk tubuh manusia. Lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia memerlukan zinc sebagai kofaktor untuk menjamin optimalisasi fungsinya.
Pada makanan yang mengandung banyak zinc dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala pilek dan flu. Karena itu disarankan pada musim penghujan ini menyantap makanan yang menjadi sumber zinc, seperti pada kacang, buncis, makanan laut (seafood), daging merah, telur, dan kedelai.



 Jamur-jamuran

Jamur yang sering ditemukan sebagai topping dalam pizza mengandung selenium, yang membantu sel darah putih memproduksi cytokines yang menyembuhkan penyakit. Jamur juga mengandung beta-glucan, sebuah antimikrobakteri yang mencegah terjadinya infeksi. Jamur dapat dimasukkan sebagai hidangan sup, salad, ditumis, atau digoreng.



 Cokelat hitam

Memakan cokelat hitam membantu pengembangan sel T dan melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, seperti halnya gula dan alkohol, mengkonsumsi cokelat terlalu banyak malah merusak kesehatan.



 Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa kimia yang menawarkan sifat antibiotik yang kuat dan juga antivirus. Senyawa ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan virus pilek dan flu. Bawang putih juga dapat meningkatkan sirkulasi, membantu sistem peredaran darah, serta memberikan nutrisi penting seperti oksigen. Selain itu kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih terbukti membunuh virus yang mencegah penyakit. Menyantap menu ini dalam porsi cukup akan melindungi kesehatan.



 Wortel

Sayuran kuning dan oranye seperti wortel mengandung beta-karoten yang mengubah vitamin A sel T yang menjaga imunitas tubuh. Jennifer Zartarian, periset asal Long Island College Hospital New York City, menyarankan menu wortel dalam menu musim hujan yang bisa disajikan sebagai sup, cake, dan minuman.



 Ikan salmon

Disarankan menyantap salmon selama musim hujan sebab menu ini sebagai sumber omega-3 yang meningkatkan imunitas tubuh.



 Almond

Kacang ini terkenal dengan kandungan vitamin E, yang menangkal penyakit serta antioksidan yang baik. Makan segenggam almond sebagai camilan kecil pada sore hari atau gunakan dalam menu utama di musim hujan akan menjadi penangkal dan pencegah batuk, flu, dan demam. (tempo)

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kiat tetap Sehat Menghadapi Musim Hujan

  1. Pingback: SIKAP REMAJA DALAM MENGHADAPI MUSIM HUJAN | walovinsafitri's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s