Perayaan Hari Raya Qurban : Iedul Adha 1433H di Eramas 2000


Setiap tahun,  Iedul Qurban merupakan hal yang rutin dilakukan oleh ummat Islam, untuk selalu mengingatkan lagi akan perjuangan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, dan putranya Nabi Ismail AS.

Dimana saat itu seorang bapak diuji oleh Allah SWT, dengan cara diminta untuk mengorbankan anaknya (yang kelahirannya sudah dinantikan selama 950 tahun dan tentunya hal yang paling dicintai) dalam hidupnya. Tetapi seorang Ismail, anak yang ikhlas, meng iyakan apa yang diperintahkan Tuhannya sebagai pengabdian kepada Penciptanya. Dan seorang Bapak, Ibrahim AS juga dengan ikhlas mematuhi perintah Tuhannya karena berkeyakinan: apapun yang diberikan oleh Allah, pasti akan dimintanya kembali.

Karena keihklasan mereka berdua inilah yang kemudian akhirnya Allah SWT menggantikan pengorbanan anaknya yang hampir disembelihnya dengan cara memerintahkan nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan seekor biri-biri.

Sebagai pelajaran untuk kita , apakah sesuatu yang di dapat dalam hidupnya ( kedudukan, kekayaan, atau keturunan) apakah rela/ikhlash untuk diminta kembali oleh Allah yang Maha Pemberi. Kecintaan yang diperjuangkan selama hidupnya seringkali membuat lupa, dan bahkan dilakukan dengan cara yang tidak baik dan tidak halal : seperti mengambil hak orang lain, menfitnah, korupsi dan lainnya. Lalu kemudian kecintaan terhadap apa yang di dapat dalam hidupnya itu hilang sirna karena diambil oleh Allah yang maha Kuasa.

Adapun mereka yang selama ini merasa cukup dengan kekayaan, kedudukan dan keturunan yang dimilikinya kemudian merasa bahwa dia tidak merasa di uji. Sesungguhnya mereka harus berhati-hati, karena Allah, Tuhan semesta alam ini tidak akan membiarkan seorang anak manusia tanpa adanya ujian. Bisa jadi apa yg dimiliknya ini membuatnya semakin jauh dari Tuhannya, tanpa terasa. Sebaliknya seorang yang lolos dari ujian akan mendapatinya bahwa semua kekayaan, kedudukan dan keturunan yang dimiliknya akan semakin membuatnya bersyukur, semakin taat pada Tuhannya. Semakin banyak berbuatk baik dengan sesama, semakin merasa bahwa apa yang dimiliknya adalah milik Allah semata. sehingga dengan senang hati mengorbankan apa yang dimiliknya untuk kebaikan di jalan Allah.

Alhamdulillah, shalat Ied di lingkungan Eramas 2000 dilaksankan pada hari Jum’at 26 Oktober 2012 mulai jam 06.30 di lapangan basket RW14 dengan suasana meriah :

Gambar

Kemudian warga Eramas juga mengambil pelajaran dengan mengorbankan apa yg dicintainya dengan menyembelih :

21 ekor Sapi

22 ekor Kambing

Alhamdulillah, acara pemotongan hewan Qurban ini selesai dilakukan pada hari Sabtu 27 Oktober 2012, 11 Dzulhijjah 1433H di halaman masjid Baiturahman Eramas 2000.

Dengan kepanitian Qurban yang rapi dan pengalaman, alhamdulillah sebanyak ~2300 kantong qurban selesai dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya pada hari itu juga.

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Info Warga and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s