Pemasangan Portal sebagai Upaya Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) di lingkungan Eramas 2000


Keamanan yang asal katanya aman adalah suatu kondisi yang bebas dari segala macam bentuk gangguan dan hambatan. Sedangkan pengertian Ketertiban adalah suatu keadaan dimana segala kegiatan dapat berfungsi dan berperan sesuai ketentuan yang ada.

Pengertian Kamtibmas menurut Pasal 1 Undang-undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 disebutkan bahwa pengertian Kamtibmas adalah: Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainnya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban, dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Perkataan aman dalam pemahaman tersebut mengandung 4 (empat) pengertian dasar, yaitu:

  1. Security yaitu perasaan bebas dari gangguan fisik dan psikis;
  2. Surety yaitu perasaan bebas dari kekhawatiran;
  3. Safety yaitu perasaan terlindung dari segala bahaya; dan
  4. Peace yaitu perasaan damai lahiriah dan batiniah.

Dalam upaya mewujudkan itu masyarakat dengan Bimbingan Masyarakat (Bimas) Polri melakukan segala kegiatan terencana dan berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan per-Undang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan, memelihara dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa.

Sedangkan makna kata tertib dan ketertiban dalam Undang-undang tersebut adalah suatu kondisi dimana unit sosial termasuk di dalamnya adalah warga masyarakat dengan segala fungsi dan posisinya dapat berperan sebagaimana ketentuan yang ada.

Karena itu untuk melaksanakan Kamtibmas, perlu upaya, alat dan lingkungan yang kondusif untuk terciptanya kamtibmas.

Mari kita melihat secara geografis kondisi Eramas 2000 :

Eramas 2000 dilingkungan Sentra Primer Tmur Jakarta memerlukan kondisi yang kondusif untuk kamtibmas

Eramas 2000 dilingkungan Sentra Primer Tmur Jakarta memerlukan kondisi yang kondusif untuk kamtibmas

Kantor Walikota Jakarta Timur, Terminal Pulogebang, Rusunawa Komarudin dan Jalan Tol di sekitar Eramas 2000

Kantor Walikota Jakarta Timur, Terminal Pulogebang, Rusunawa Komarudin dan Jalan Tol di sekitar Eramas 2000

Mari kita lihat satu persatu Faktor Kamtibmas :

  1. Satuan Pengamanan (Satpam) yang memiliki tugas utama pengamanan lingkungan. Bagian terbesar Iuran warga Eramas 2000 adalah untuk  honor bagi tenaga satuan keamanan ini.
Satuan Pengamanan merupakan lini terdepan di perumahan Eramas 2000 untuk menciptakan Kamtibmas. Merupakan kepanjangan dari fungsi kepolisian,

Satuan Pengamanan merupakan lini terdepan di perumahan Eramas 2000 untuk menciptakan Kamtibmas. Merupakan kepanjangan dari fungsi kepolisian,

Mobil Patroli Kota Cakung setelah patroli mengelilingi Eramas 2000

Mobil Patroli Kota Cakung setelah patroli mengelilingi Eramas 2000

Satuan Pengamanan sedang mengamankan pelaku pelanggaran Kamtibmas

Satuan Pengamanan sedang mengamankan pelaku pelanggaran Kamtibmas

Namun upaya Satpam tidak akan cukup tanpa strategi desain lingkungan yang baik. Perumahan Eramas 2000 ini memiliki jalan-jalan tikus yang banyak.

2. Area/Lingkungan  Pengamanan dan Ketertiban.

Seperti dikemukakan di atas perumahan ini, walaupun memiliki 1 pintu gerbang, tetapi memiliki banyak pintu-pintu kecil yang cenderung tanpa terkontrol. Disamping itu pagar sepanjang sisi tol yang mudah diloncati orang.

Perumahan Eramas 2000 (d/h Concorde 2000)

Pintu-pintu kecil yang bisa dilalui motor di sekitar Eramas 2000. RW015 yang terdiri dari 5 RT berdampingan dengan RW014

Salah Satu Pintu Masuk yang ada

Salah Satu Pintu terbuka yang ada di perumahan Eramas 2000 yang merupakan jalan tikus  Speda Motor dari Pulogebang menuju Jalan Komarudin. Pintu ini juga merupakan salah satu tempat pelarian pelaku kejahatan.

Pagar Sisi Tol sepanjang 700m yang rawan kambtibmas

Pagar Sisi Tol sepanjang 700m yang rawan kambtibmas

Gerbang Utama Perumahan yang dilengkapi CCTV

Gerbang Utama Perumahan yang dilengkapi CCTV

3. Peralatan Penunjang Keamanan dan Ketertiban seperti Alat Komunikasi, Kamera Pengawas, Sistem Alarm. Belum menyeluruh ada di Eramas 2000. Tampak pada gambar atas kamera pengawas dipasang di Gerbang Utama. Ditempat lainnya kamera merupakan sumbangan warga yang arah kameranya ditujukan ke jalanan perumahan. Sistem Komunkasi standard dengan Handy Talki sudah digunakan.

4. Warga Perumahan sendiri merupakan faktor utama dalam kamtibmas. Selain warga harus aktif dalam menjaga lingkungannya. Juga harus mawas diri bila ada warga yang menyalahi kamtibmas.

Walau sudah begitu banyak upaya menjaga kamtibmas tetapi tercatat selama tahun 2013-2014 masih saja ada beberapa gangguan kamtibmas di Eramas :

  1. Banyaknya sepeda motor yang melawan arus dari arah Pulogebang menuju JI. Komarudin melalui RW15.Pada pagi hari puluhan motor/menit melalui RW15, dengan melawan arus di segmen flyover dpn walikota, depan kantor RWOB, dan eramas 2000 depan pemancingan. Arus ini cukup membahayakan terutama banyaknya anak sekolah yang turun.
Speda Motor Melawan Arus menyebrang jalan dari arah Pulogebang menuju Eramas 2000 ke arah Jl. Komarudin

Sepeda Motor Melawan Arus menyebrang jalan dari arah Pulogebang menuju Eramas 2000 ke arah Jl. Komarudin. Latar Belakang : Kantor Walikota Jakarta Timur

Titik Kemacetan Akibat Speda Motor tidak disiplin menyebrang,

Titik Kemacetan Akibat Sepeda Motor  melawan arus menyebrang. Di depan Kantor Walikota Jaktim.

Sepeda Motor yang melawan Arus pada pagi hari dari arah Pulogebang melawan jalur keluar Eramas 2000.

Sepeda Motor yang melawan Arus pada pagi hari dari arah Pulogebang melawan jalur keluar Eramas 2000. Menuju pintu kecil pada gambar sbelumnya.

Untuk mencegah itu maka pada tahun 2013, RW14 dan RW15 sepakat untuk membatasi kendaraan yang melintas masuk ke wilayah Eramas 2000 menuju Jl. Komarudin. Pada tanggal 8 Juni 2013 dimulailah aturan ini.

Kesepakatan antara kedua RW untuk membatasi pemakai jalan

Kesepakatan antara kedua RW untuk membatasi pemakai jalan

Namun aturan baru berjalan 2 bulan, petugas SATPAM pintu gerbang Eramas tidak mampu mengidentifikasi mana warga RW014 atau pelintas jalan, karena tidak ada bantuan petugas keamanan dari RW014.

  1. Kriminalitas meningkat di wilayah RW 15, Sejak 2 tahun terakhir :

2.1. Penjabretan terjadi 2 kali dengan speda motor dimana pelaku melarikan diri ke arah Komarudin

2.2. Sering hilangnya spion kendaraan yang diparkir di luar rumah.

2.3. Vandalisme terhadap kendaraan dan rumah warga, pagar rumah dan mobil warga di pilox
2.4. Sering hilangnya burung-burung peliharaan warga.

2.5. Perampasan HP di dpn Rumah Pk Manan, meski korbannya bukan Warga Eramas tapi TKP ada di RW.015

2.6. Pencurian Sepeda Sport harga 9 Juta milik Anak dari Pak Hutapea (Depan rumah bpk Gandi) sehingga Pemiliknya Menaikkan Pagar Lebih tinggi lagi agar lebih Aman.

2.7. Rumah Pk Lumbangaol di siang hari di bobol Maling/Perhiasan dikuras maling.

2.8. Penyusup yg Kepergok/ tertangkap dirumah Alm. Pk Sikun, sdh diserahkan ke Polsek Cakung.
2.9. Hilangnya 2 unit spd Polygon Pk Andi/Pinggir Tol RT 05

2.10. Sepeda Pk Encep RT.02 . 2x kehilangan sepeda digarasi

2.11. Sepeda Motor Vixion lbu Ara RT.02 sudah dibawa keluar Garasi, hampir dibawa kabur.

2.12. Halaman rumah dimasuki 3 remaja namun tdk berhasil ditangkap

2.13. Rumah hampir dimasuki pria yg terindikasi berpura2 minta minum namun ternyata ada 3 org kawanannya yg menunggu tak jauh dari rumah

2.14. Hilangnya mobil Avanza pada malam hari jam 00.00

2.15. Sudah sejak lama sering terjadi pencurian barang dari besi baik penutup sampah besi, ornamen pagar dll.

  1. Wilayah RW15, dijadikan area kebut-kebutan sepeda motor yang membuat bising dan bahaya untuk anak2 yang sedang bermain.

4. -Kecelakaan antara Spd Motor dan Mobil di Pertigaan Ko Aliong/Pk Gempur sampai patah tulang

5. Taman jadi tempat pacaran anak2 remaja dan sering terjadi perbuatan mesum di area
lapangan atau taman-taman di RW 15.

Hampir semua pelaku melarikan diri dengan speda motor melalui pintu2 kecil ke arah Komarudin baik yang melalui RW 14 maupun langsung dari RW15.

Setelah melalui serangkaian Rapat Forum Musyawarah Warga, akhirnya diputuskan untuk mengendalikan pintu-pintu masuk yang rawan digunakan untuk pelanggaran kamtibmas di atas.

Musyawarah Warga untuk menentukan Status Darurat Kamtibmas di ERamas 2000

Musyawarah Warga untuk menentukan Status Darurat Kamtibmas di Eramas 2000

PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA NOMOR 8 TAHUN 2007 TENTANG KETERTIBAN UMUM BAB I Ketentuan Umum Pasal 1 ayat 20 yang berbunyi :” Keadaan darurat adalah suatu keadaan yang menyebabkan baik orang maupun badan dapat melakukan tindakan tanpa meminta izin kepada pejabat yang berwenang untuk melakukan pencegahan, penanganan dan penyelamatan atas bahaya yang mengancam keselamatan jiwa manusia”.

Pengaturan mengenai portal dapat dilihat dalam Pasal 4 ayat (5) huruf b Peraturan Menteri Perumahan Rakyat No. 10 Tahun 2010 tentang Acuan Pengelolaan Lingkungan Perumahan Rakyat. Pasal tersebut mengatakan bahwa salah satu pengelolaan lingkungan perumahan mencakup pelayanan jasa yang kegiatannya antara lain meliputi ketertiban dan keamanan lingkungan, salah satunya kegiatan pelayanan pengaturan pemasangan portal jalan dan polisi tidur di jalan lingkungan.

Dengan melakukan Sosialisasi kepada tetangga warga sekitar komplek RW015 selama 2 bulan akhirnya pintu2 tikus bisa dikendalikan.

Koordinasi dengan lingkungan tetangga dilakukan oleh ketua RW015 untuk keharmonisan hidup bersama

Koordinasi dengan lingkungan tetangga dilakukan oleh ketua RW015 untuk kamtibmas  sebagai sosialisasi.

Anggota Patroli Kota sedang berabincang dengan komandan-komandan regu Satpam dan Pengurus RW015

Anggota Patroli Kota sedang berabincang dengan komandan-komandan regu Satpam dan Pengurus RW015

Koordinasi dengan pihak BImaspol, Babinsa, Kodim dilakukan oleh RW015 untuk masalah kemanan dan ketertiban.

Koordinasi dengan pihak BImaspol, Babinsa, Kodim dilakukan oleh RW015 untuk masalah kemanan dan ketertiban.

Pengendalian Jalan yang sering dijadikan pelarian pelaku kriminal, hanya untuk pejalan kaki.

Pengendalian Jalan yang sebelumnya sering dijadikan pelarian pelaku kriminal. Akhirnya hanya untuk pejalan kaki.

Surat Ijin Pemasangan Portal Kepada Gubernur DKI sesuai Peraturan Daerah. Sudah Diajukan

Surat Ijin Pemasangan Portal Kepada Gubernur DKI sesuai Peraturan Daerah sedang dalam proses.

Lokasi pemasangan Pagar dan Portal yang diajukan kepada Gubernur DKI

Lokasi pemasangan Pagar dan Portal yang diajukan kepada Gubernur DKI

Pemeriksaan Kartu Warga dan Kartu Identitas Tamu yang kan masuk ke RW015

Pemeriksaan Kartu Warga dan Kartu Identitas Tamu yang akan masuk ke RW015

Berhubung Pintu Gerbang Eramas ini menjadi jalan bagi Warga RW014 dan RW015, maka kami melakukan pengendalian jalan masuk sementara ini hanya untuk warga RW015.  Warga RW014 masih belum mengendalikan jalan masuknya.

Jalan Akses I ke wilayah RW014 dari Gerbang Utama

Jalan Akses I ke wilayah RW014 dari Gerbang Utama. Warga dapat keluar masuk kapan saja.

Jalan akses ke-2 ke wilayah RW014 dan satu2nya jalan akses ke wilayah RW015 yang sudah dikendalikan, spt foto sebelumnya.

Jalan akses ke-2 ke wilayah RW014, warga keluar masuk kapan saja dan satu2nya jalan akses ke wilayah RW015 yang sudah dikendalikan, spt foto sebelumnya.

Pagar Pembatas RW014 dengan RW015 agar pemakain jalan hanya masuk melalui pintu pengendalian.

Pagar Pembatas RW014 dengan RW015 agar pemakain jalan hanya masuk melalui pintu pengendalian.

Pintu pengendalian antara wilayah RW014 dan RW015. Dalam keadaan normal hanya pejalan kaki yang dapat akses.

Pintu pengendalian antara wilayah RW014 dan RW015. Dalam keadaan normal hanya pejalan kaki yang dapat akses.

Alhamdulillah setelah pengendalian jalan akses masuk yang kecil (jalan tikus) dikendalikan selama lebih dari satu tahun, kejadian gangguan kamtibmas dari pintu-pintu tersebut  tidak ada. Semua Warga bergembira karena merasa aman dan nyaman. Tugas Satpam, Bimaspol dan Patko Polsek Cakung menjadi lebih ringan.

Lalu apakah dengan adanya Instruksi Gubernur DKI ini?

Instruksi Gubernur untuk Pembongkaran Portal Perumahan

Instruksi Gubernur untuk Pembukaan Portal Perumahan

Jelas sekali, bahwa alasan instruksi Gubernur di atas adalah untuk mengurangi kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas.  Ini berarti aturan hanya berlaku untuk perumahan yang berada pada jalur lalulintas yang macet. Sedangkan Eramas 2000 sperti pada gambar geografis sebelumnya, bukan berada di lintasan arus kemacetan.  JADI INSTRUKSI TERSEBUT TIDAK BERLAKU UNTUK ERAMAS 2000.

Coba kita bandingkan dengan lokasi ini :

Perumahan di sekitar Jalan Pondok Kopi dan Jl. Gusti Ngurah Rai, Jaktim.

Perumahan di sekitar Jalan Pondok Kopi dan Jl. Gusti Ngurah Rai, Jaktim.

Kemacetan yang terjadi setiap pagi dan sore di Jl. I Gusti Ngurah Rai, Pondok Kopi

Kemacetan yang terjadi setiap pagi dan sore di Jl. I Gusti Ngurah Rai, Pondok Kopi

Portal di rusun perumnas pondok kopi bisa menjadi alternatif mengurangi kemacetan

Portal di rusun perumnas pondok kopi bisa menjadi alternatif mengurangi kemacetan. Sebelah kanan adalah jalan I Gusti NGurah Rai yang kerap sekali macet pagi dan Sore.

Portal di perumahan BUmi Malaka Asri bisa mengurangi kemacetan di pertigaan Buaran/Ngurah Rai

Portal di perumahan BUmi Malaka Asri bisa mengurangi kemacetan di pertigaan Buaran/Ngurah Rai

Jadi Walikota, Camat dan Lurah dengan mudah untuk menerapkan sasaran Instruksi Gubernur tersebut.  Selamat Bertugas sesuai Instruksi Gubernur.

About eramas2000

Admin
This entry was posted in Info Warga and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s